MINARNI SANG LEGENDA BULUTANGKIS

GOOGLE DOODLE 10 MEI 2019

Legenda bulutangkis Indonesia, Minarni Soedaryanto, hari ini mengisi “google doodle”, bertepatan dengan peringatan kelahirannya yang ke-75. Kalau hari ini kita mencari data menggunakan Google maka akan melihat karikatur seorang pemain bulutangkis putri yang merepresentasikan sang legenda itu.

Google Doodle adalah logo-logo Google yang dimodifikasi sedemikian rupa, yang ditampilkan pada saat ada peringatan tertentu di suatu negara. Bagi netizen, kehadiran mesin pencari bernama Google ini amat dibutuhkan, bahkan menjadi nafas kehidupan hariannya ketika harus menghadapi kenyataan di dunia maya. Aneh yah kalimatnya, mencari kenyataan di dunia tidak nyata. Ah, sudahlah, yang penting kita paham apa maksudnya toh. Desain logo yang ditampilkan sebagai google doodle dikerjakan oleh para desainer Google Inc. Namun dalam perkembangannya mereka juga merekrut ahli-ahli desain dan karikatur dari seluruh dunia. Berbagai kompetisi diadakan oleh Google untuk mencari orang-orang muda berbakat untuk diajak ambil bagian menyiapkan google doodle ini.

Google Doodle Minarni Soedaryanto

Minarni lahir di Pasuruan, Jawa Timur, 10 Mei 1944. Meninggal saat baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-59 di RSPP, Jakarta, 14 Mei 2003. Ia ambil bagian dalam memperebutkan Piala Uber sejak 1960 ketika usianya masih terbilang remaja. Namun baru pada tahun 1975 bersama teman-temannya di Tim Indonesia, ia turut mempersembahkan Piala Uber bagi Ibu Pertiwi, ketika putri-putri Indonesia berhasil menggilas musuh bebuyutannya, Tim Putri Jepang, dengan angka 5:2. Piala Uber merupakan kejuaraan bulutangkis beregu paling bergengsi di dunia untuk bulutangkis putri, yang selalu disandingkan dengan Piala Thomas untuk bulutangkis putra. Tim Indonesia waktu itu diperkuat oleh Minarni, Theresia Widiastuti, Imelda Wiguna, Utami Dewi, Tati Sumirah dan Regina Masli.

Minarni juga meraih banyak prestasi di berbagai kejuaraan, seperti All England, Malaysia Terbuka, AS Terbuka, Asian Games, dan lain-lain. Sederetan medali dan piala berhasil digondolnya sehingga membuat dirinya menjadi salah satu legenda bulutangkis putri terbaik yang dimiliki Indonesia. Setelah tidak aktif sebagai pemain bulutangkis, ia tetap mengabdikan dirinya bagi perbulutangkisan sebagai pelatih maupun sebagai pengurus Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

Minarni Srikandi Bulutangkis

Hari ini, Minarni tampil menjadi logo pada mesin pencari paling jempolan di dunia. Semoga peringatan hari kelahirannya yang ke-75 menginspirasi banyak orang muda untuk berprestasi dalam berbagai bidang.

Jakarta, 10 Mei 2019

Agust Surianto Himawan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s