80 TAHUN SUSTER ABDI KRISTUS (AK)

Kongregasi suster-suster Abdi Kristus (dulu: ADSK – Abdi Dalem Sang Kristus) didirikan pada 29 Juni 1938 oleh Mgr. Petrus Johannes Willekens SJ, yang saat itu menjadi Vikaris Apostolik Batavia, sebagai sebuah kongregasi biarawati lokal tingkat diosesan bercikal bakal di Ambarawa. Tujuannya untuk mengembangkan panggilan hidup bakti di kalangan para wanita pribumi (Jawa) yang melalui kesaksian hidupnya mereka turut ambil bagian mengakarkan dan menumbuhkan iman kristiani dalam budaya lokal, baik lewat hidup kongregasi maupun lewat karya-karyanya.

Dua tahun kemudian, pada 25 Juni 1940 berdirilah Vikariat Apostolik Semarang setelah dilepaskan dari Vikariat Apostolik Batavia. Vikariat baru ini penggembalaan dipercayakan kepada Mgr. Albertus Soegiyopranoto SJ. Dia merupakan uskup orang Indonesia pertama, lahir di Surakarta 25 November 1896; meninggal di Amsterdam 22 Juli 1963 saat mengikuti sesi pertama Konsili Vatikan II di Roma.

Mengikuti perkembangan zaman, karya yang semakin meluas ke berbagai keuskupan di luar Jawa, serta juga untuk menanggapi bermunculannya panggilan menjadi biarawati dari kalangan non Jawa, maka dilakukan perubahan nama. Nama kongregasi yang semula Abdi Dalem Sang Kristus kemudian diubah menjadi Abdi Kristus.

Tahun ini Kongregasi Biarawati Abdi Kristus yang pusatnya di Ungaran, Jawa Tengah, genap berusia 80 tahun. Jumlah anggotanya 163 suster yang masih berkarya dan 52 suster yang telah meninggal. Mereka melayani berbagai karya di 9 keuskupan, yaitu Keuskupan Agung Semarang (13 komunitas), Keuskupan Agung Jakarta (2 komunitas), Keuskupan Surabaya (3 komunitas), Keuskupan Malang (3 komunitas), Keuskupan Bogor (1 komunitas), Keuskupan Denpasar (2 komunitas), Keuskupan Timika (1 komunitas), Keuskupan Pangkalpinang (1 komunitas), dan Keuskupan Palangkaraya (1 komunitas). Kalau dalam 80 tahun total ada 215 suster yang tetap bertahan dalam panggilannya (tanpa memperhitungkan yang keluar) maka rata-rata per tahun kongregasi AK menghasilkan 2,7 orang.

Sabtu, 7 Juli 2018, para suster AK dari tiga komunitas, yaitu komunitas Kodam (Sumur Batu, Cempaka Putih), komunitas Kramat II, dan komunitas Margonda/Depok merayakan syukur atas 80 tahun penyertaan Tuhan bagi kongregasi AK dalam perayaan ekaristi yang dipimpin oleh RD Antonius Haryanto di kapel biara AK Kramat II. Acara dihadiri juga oleh umat dari Wilayah II Paroki Kramat, para suster PBHK komunitas Jalan Jamrut, para suster FSGM Kampung Ambon, dan para rama komunitas Wisma Unio Indonesia.

Para suster Abdi Kristus, selamat berpesta. Tetaplah menjadi abdi yang setia dari Kristus yang mengutus anda semua untuk melayani Gereja-Nya di mana-mana.

Agustinus Surianto Himawan

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s