NEGARA KOTA VATIKAN

Dalam bahasa Italia dinamai Città del Vaticano, Civitas Vaticana (Latin). Nama resminya adalah Negara Kota Vatikan, Stato della Città del Vaticano (Italia), Status Civitatis Vaticanae (Latin).

Negara Vatikan dikenal juga sebagai pusat Gereja Katolik Roma. Wilayahnya agak aneh karena hanya merupakan sebuah enklaf yang dikelilingi tembok di dalam kota Roma, Italia, dengan luas sekira 44 hektar, serta populasi yang tak lebih dari seribu jiwa (konon hanya 842 jiwa). Maka Negara Vatikan menjadi negara terkecil di dunia.

Negara Kota Vatikan alias Città del Vaticano dibentuk berdasarkan kesepakatan antara Kerajaan Italia dengan Takhta Suci melalui Perjanjian Lateran (1929). Bentuk negaranya juga unik, semacam ‘kerajaan’ yang berbentuk Eklesiastik, mengikuti tata aturan Gereja, atau Monarki-sacerdotal, yang diperintah oleh Sri Paus sebagai Uskup Roma.

Sebagai negara independen, Vatikan diakui keberadaannya oleh dunia internasional yang terjalin melalui kehadiran kedutaan masing-masing, termasuk juga Indonesia. Kedutaan Vatikan di Indonesia berkedudukan di Apostolic Nunciatura, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat. Nuncio Apostolic yang baru, H.E. Msgr. Piero Pioppo, yang resmi diangkat Paus Fransiskus pada 8 Sep 2017, direncanakan akan tiba di Jakarta sekira pekan ke-2 bulan November ini.

Mons.-Piero-Pioppors

Sedangkan Kedutaan RI untui Negara Vatikan berkedudukan di Via Marocco, Roma, dengan Duta Besarnya, H.E. Antonius Agus Sriyono, yang ditugaskan Presiden Joko Widodo sejak Februari 2016. Menariknya, di Roma ada dua kedutaanbesar RI, satu khusus untuk Negara Kota Vatikan dan satunya lagi untuk Italia.

OSSROM100985_Articolo

Negara Kota Vatikan sekaligus juga menjadi Pusat Gereja Katolik, menjadi sebuah entitas khusus yang dikenal luas sebagai Takhta Suci, yang keberadaannya menjadi warisan sejarah perkembangan Gereja sepanjang 2000 tahun, berubah-ubah menyesuaikan diri dengan situasi sosial politik di sekelilingnya. Maka tak mengherankan kalau para pejabat tertinggi Negara Vatikan semuanya adalah klerus Katolik yang berasal dari berbagai negara.

Lagu kebangsaannya adalah Inno e Marcia Pontificale. Bendera nasional berwarna kuning & putih dengan lambang Kepausan pada bagian putihnya.

20171105_010814

Dalam Sidang KWI 2017 yang berlangsung dari 6 sampai dengan 16 November ini, bendera Vatikan dipasang di panggung utama Aula Lantai 4 Gedung KWI, Cut Meutia, Jakarta Pusat, berdampingan dengan bendera RI pada saat pembukaan yang akan dihadiri oleh Sekretaris Kedutaan Vatikan, H.E. Fr. Fabio Salerno, mewakili Nuncio yang baru tiba di Jakarta pekan depan.

Agustinus Surianto H

#cittàdelvaticano #negarakotavatikan #takhtasuci #holysee #PiazzaSanPietro

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s